Mau Kuliah di National Central University Taiwan? Jangan Abaikan Info Ini!
DomaiNesia

Mau Kuliah di National Central University Taiwan? Jangan Abaikan Info Ini!

Selasa, 20 November 2018


Dikutip dari website resmi Office of International Affairs National Central University (OIA NCU), saat ini NCU dan telah menjadi rumah bagi lebih dari 12.000 siswa.
Saat ini NCU memiliki 8 fakultas, 22 program sarjana dan 50 program pascasarjana. NCU juga merupakan salah satu anggota University System of Taiwan (UST), berbagi sumber daya dengan universitas lain seperti Universitas Tsing Hua Nasional, Universitas Chiao Tung Nasional, dan Universitas Nasional Yang Ming.

NCU telah dipilih dua kali dalam "The Aim for Top University Project", menerima hibah dari Departemen Pendidikan. Universitas telah secara konsisten dievaluasi sebagai "Luar Biasa". NCU berada di peringkat No. 3 di Taiwan oleh Google Scholar Citations (267 di Dunia), No. 4 di Taiwan pada 2017 U.S. News & World Report (427 di Peringkat Universitas Global Terbaik) dan peringkat 351-400 di QS World University Rankings. NCU sampai saat ini berusaha untuk memupuk pikiran yang lebih cemerlang dan pionir terdepan dengan visi global, menyiapkan NCU sebagai percontohan pendirian akademis di abad ke-21.

Selain keunggulan tadi, NCU sendiri terletak di pinggiran Kota Taoyuan, Taiwan yang udaranya sejuk dan nyaman untuk belajar. Lokasinya sangat asri berada di area perbukitan dengan banyak pepohonan hijau di dalam kampus.

(Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Suasana Lingkungan Kampus NCU Taiwan)

Biaya hidup disekitar NCU juga masih bisa dibilang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya hidup di Taipei. Mulai dari harga sewa tempat tinggal, makanan, dan harga transportasi umum disini cukup murah.

(Baca Juga: Nggak Mahal Kok! Ini Rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Taiwan)

Kampus NCU sendiri juga mempunyai Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang khusus berada di NCU dengan nama PPI NCU. Banyak acara yang dilakukan oleh PPI NCU untuk mahasiswa baru, salah satunya adalah membantu mencari tempat tinggal di luar kampus, menjemput mahasiswa baru di bandara, dan melakukan kegiatan penyambutan mahasiswa baru.

Penyambutan Mahasiswa Baru Fall 2018 oleh PPI NCU
Sumber: https://www.instagram.com/ppincu
Dan yang paling penting adalah, meskipun Taiwan adalah negara dengan mayoritas non Muslim, kalian tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak kedai makanan yang menyediakan makanan halal di daerah sekitar kampus, bahkan ada juga catering khusus dari orang Indonesia yang bisa kalian pesan.

Untuk harga tempat tinggal di luar kampus juga masih terjangkau. Lokasi tempat tinggal di sekitar kampus juga nyaman, bersih, dan lokasinya tidak jauh dari kampus. Kalian bisa menemukan banyak gedung bertingkat seperti apartemen untuk tempat kost disini.

(Baca Juga: Ini Loh Gambaran Tempat Tinggal Mahasiswa di Taiwan)

Nah, selain itu, fasilitas seperti mushola ada juga di setiap fakultas dan di dalam kampus NCU. Agenda dan kegiatan tentang kajian agama Islam juga banyak dilakukan di area kampus. Jadi, tidak perlu takut tidak bisa beribadah dengan nyaman disini.

Kegiatan Kajian di Mushola NCU
Nah keren banget kan kampusnya, bagi kalian yang mau daftar disini, jangan lupa selalu update informasi dari website Admission OIA NCU. Disana ada informasi pendaftaran kuliah untuk Fall dan Spring setiap tahunnya. Saat artikel ini ditulis, sedang ada pembukaan pendaftaran untuk sesi Spring Semeter untuk 2019. Biasanya, pengumuman resmi pembukaan sesi Spring dimulai bulan September, dan pengumuman pembukaan sesi Fall Semester dibuka bulan Januari.

NCU menyediakan banyak beasiswa untuk mahasiswa international, salah satunya calon mahasiswa dari Indonesia. Banyak beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa Master dan Ph.D asal Indonesia. Jika kalian tertarik, silahkan kunjungi Admission OIA NCU untuk update info pendaftaran. Selain itu kalian bisa membaca artikel Cara Mendapatkan Beasiswa NCU yang saya buat untuk kalian baca sebagai referensi. Persiapkan diri kamu mulai sekarang dan sampai ketemu di NCU!