Mengenal Struktur Scientific Paper
DomaiNesia

Mengenal Struktur Scientific Paper

Sabtu, 12 Januari 2019


Dalam menulis sebuah paper, biasanya kita diwajibkan mengikuti struktur penulisan dari jurnal yang kita tuju. Namun, sebagian besar jurnal dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai model yang hampir sama. Ada bagian-bagian penting yang menjadi struktur utama yang harus ada dalam paper. Salah satunya adalah Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Pembahasan, Kesimpulan, dan Referensi.

Bentuk umum seperti itu memang sudah sangat familiar bagi para penulis paper. Namun, bagi Anda yang masih pemula atau masih belajar dalam menulis paper yang baik dan benar, info tentang struktur dari scientific paper berikut bisa membantu Anda paham apa yang harus ditulis dalam sebuah paper.

(Baca Juga: 7 Tips Jitu Lolos Jurnal Scopus

1. Title (Judul)

Judul atau title wajib ditulis dengan singkat dan padat, biasanya beberapa jurnal membatasi jumlah huruf dalam paper yaitu maksimal 14 kata.
Contoh Penulisan Judul Paper

2. Abstract (Abstrak)

Abstrak adalah garis besar penelitian, ditulis dengan penjelasan singkat dan padat, serta tidak dianjurkan menuliskan rumus. Untuk detail Cara Penulisan Abstrak yang baik, bisa dilihat pada artikel sebelumnya.

3. Introduction (Pendahuluan)

Pada pendahuluan ceritakan apa masalah yang akan diselesaikan, mengapa masalah itu penting atau apa urgensi dari masalah tersebut, perbandingan keterbaharuan (novelty) dari penelitian sebelumnya, dan hasil yang diharapkan. Untuk detail Cara Penulisan Pendahuluan yang baik Anda bisa melihat pada artikel sebelumnya.

4. Methodology (Hipotesis)

Pada bagian ini jelaskan secara detail metode yang diajukan. Untuk penulisan methodology lebih detail bisa di cek di artikel Cara Penulisan Methodology.

5. Result and Discussion (Hasil dan Pembahasan)

Pada bagian ini jelaskan bukti dari hasil hipotesis Anda, jelaskan juga detail dari skenario pengujian metode Anda dan sebutkan hasil pengujiannya dalam bentuk fakta. Detail Cara Penulisan Result and Discussion dapat dilihat pada artikel sebelumya.

6. Conclusion (Kesimpulan)

Ceritakan hasil penelitian yang didapatkan secara singkat dan apa yang bisa dilakukan untuk pengembangan penelitian tersebut kedepan. Kesimpulan menuliskan jawaban dari rumusan masalah dan keseluruhan isi penelitian secara singkat. Cara penulisan kesimpulan yang baik dan benar bisa di cek di artikel Cara Menulis Conclusion.

(Baca Juga: 7 Tips Jitu Lolos Jurnal Scopus
Struktur Scientific Paper