Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar ke NCU (Online)
DomaiNesia

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar ke NCU (Online)

Minggu, 17 Februari 2019


Seperti yang Saya janjikan pada artikel sebelumnya tentang cara mendapatkan beasiswa di NCU,
Saya akan menjelaskan data dan dokumen apa saja yang dibutuhkan saat mendaftar online.
Baiklah tidak akan banyak basa-basi, kalian bisa langsung mempersiapkan data dan dokumen berikut ya. Ada 3 data utama yang harus kalian lengkapi yaitu:

A. Programs

1. Programs
Pada bagian ini kalian diminta untuk mengisikan data tingkatan kuliah dan departemen atau institusi yang kalian pilih untuk kuliah di NCU. Untuk pilihan departemen, kalian akan diberikan 2 pilihan prioritas, misal prioritas pertama adalah Departement of CSIE dan prioritas kedua adalah Department of Earth Science. Namun jika kalian hanya ingin mendaftar pada satu departemen, pilihan prioritas kedua tidak perlu diisi.

2. Applicant
Pada bagian ini kalian diminta mengisikan data pribadi, alamat, dan data orang tua.

3. Educational Background
Disini kalian akan diminta mengisikan data sekolah mulai dari SMA sampai Magister (jika mengambil PhD).

4. Language Proficiency
Pada bagian ini inputkan data hasil tes bahasa yang pernah kalian lakukan. Yang utama adalah TOEFL ITP.

5. Scholarship/Dorm
Ada dua bagian yang diisi yaitu:
"Apply for NCU International Student Scholarship?" (Pilih Yes, dengan syarat tidak sedang/mendapatkan beasiswa dari pihak lain)
"Apply for NCU dormitory?" (Boleh Yes/No, tergantung keinginan kalian)

6. Survey
Pada bagian ini kalian diminta mengisi beberapa survey

B. Reference

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel Cara Mendapatkan Beasiswa di NCU, kita butuh rekomendasi dari 2 orang. Detailnya kalian bisa baca pada artikel tersebut.

C. Upload Document

Ada sekitar 12 dokumen yang harus dipersiapkan antara lain:

1. Taiwan Alien Resident Certificate (ARC) (if applicable)
Jika kalian sudah pernah tinggal di Taiwan dan sudah mempunyai ARC, kalian wajib meng-upload dokumen tersebut. Namun jika kalian belum pernah tinggal di Taiwan sebelumnya, maka bagian ini tidak perlu diisi.

2. Two Recommendation Letters
Two of the recommendation letter is required documents.
Bagian tersebut diisi jika rekomendasi dari kalian ditulis dalam bentuk dokumen. Namun sesuai pengalaman, saya tidak mengunggah dokumen pada bagian ini karena rekomendasi untuk Saya sudah dilakukan melalui sistem.

3. *Identity Card (ID)
Kartu identitas yang diunggah adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP)

4. *Graduation Certificate
Jika kalian mendaftar untuk kuliah Ph.D. maka cukup mengunggah Ijazah Magister. Ketentuan mengenai Ijazah yang dituliskan kurang lebih sebagai berikut:
  • Satu salinan sertifikat gelar pemohon dari sekolah menengah atau perguruan tinggi / universitas dengan verifikasi (dengan stempel resmi) oleh R.O.C. (Taiwan) Kedutaan Besar & Misi Luar Negeri di negara sekolah asalnya. Ketika sertifikat gelar asli yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris, salinan bahasa Inggris atau China yang diverifikasi diperlukan.
  • ※ Pelamar program sarjana: Ijazah sekolah menengah atas (atau lebih tinggi)
  • Pelamar program Master: diploma gelar Sarjana (atau lebih tinggi)
  • Pelamar program PhD: diploma tingkat Master (atau lebih tinggi)
  • Siswa yang belum lulus tidak diwajibkan menyerahkan diploma mereka pada tahap proses aplikasi ini; namun, begitu diterima, ijazah harus diserahkan pada saat pendaftaran, jika tidak maka pendaftaran akan dibatalkan.
  • Jika Anda tidak dapat mengirimkan ijazah dan transkrip Anda yang diverifikasi oleh R.O.C. (Taiwan) Kedutaan Besar & Misi Luar Negeri dengan batas waktu aplikasi, silakan menandatangani Deklarasi Dokumen.
  • Pelamar yang telah memperoleh gelar sarjana atau lebih tinggi dalam ROC, dan berencana untuk mengajukan studi lanjutan dalam program pascasarjana, harus mengajukan permohonan dengan menyerahkan salinan ijazah yang dikeluarkan dari sekolah yang berlokasi di ROC dan transkrip untuk seluruh siswa tentu saja bekerja.
5. *Full transcript of records (including an explanation of grading system)
Jika kalian mendaftar untuk kuliah Ph.D. maka cukup mengunggah Transkrip Nilai Magister. Ketentuan mengenai Transkrip Nilai yang dituliskan pada sistem kurang lebih sebagai berikut:
  • Satu transkrip resmi asli dari pelamar dari sekolah menengah atau perguruan tinggi / universitas dengan verifikasi (dengan stempel resmi) oleh R.O.C. (Taiwan) Kedutaan Besar & Misi Luar Negeri di negara sekolah asalnya. Ketika transkrip asli yang dikeluarkan oleh institusi tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris, salinan bahasa Inggris atau Mandarin yang diverifikasi diperlukan
  • ※ Pelamar program sarjana: Transkrip SMA (atau lebih tinggi)
  • Pelamar program Master: transkrip gelar Sarjana (atau lebih tinggi)
  • Pelamar program PhD: transkrip gelar Master (atau lebih tinggi)
  • Jika durasi studi tidak dinyatakan dalam transkrip resmi, harap serahkan setiap transkrip setiap semester atau bukti durasi studi pelamar dari sekolah menengah atau perguruan tinggi / universitas. Setiap dokumen harus diverifikasi (dengan stempel resmi) oleh R.O.C. (Taiwan) Kedutaan Besar & Misi Luar Negeri di negara sekolah asalnya. Ketika transkrip asli yang dikeluarkan oleh institusi tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris, salinan bahasa Inggris atau Mandarin yang diverifikasi diperlukan.

NOTE: Waktu mengisi data pada sistem Ijazah dan Transkrip Nilai saya belum di verifkasi atau dilegalisasi oleh R.O.C. (Taiwan) Kedutaan Besar & Misi Luar Negeri (disebut TETO), jadi tidak masalah mengunggah scan Ijazah dan Transkrip Nilai yang belum di legalisasi. Kalian bisa mengirimkan berkas yang sudah dilegalisasi melalui email yang akan diberitahukan kepada kalian setelah selesai pendaftaran online.

6. Financial Statement
Dokumen ini dibutuhkan jika kalian tidak mengajukan beasiswa atau mendapatkan beasiswa dari tempat lain (selain NCU). Ketentuan yang ada pada sistem yaitu:
  • Pemegang beasiswa HARUS menyertakan bukti terdokumentasi; jika tidak, pernyataan bank 3 bulan terakhir yang menunjukkan saldo setidaknya NT $ 300.000 (US $ 9.500) harus disediakan. Pernyataan tersebut harus dikeluarkan oleh bank setelah 1 Agustus 2013. Jika pernyataan itu tidak atas nama pemohon, deklarasi dengan bentuk tanda tangan sponsor harus dimasukkan, menyebutkan hubungan antara sponsor dan pemohon, dan jaminan untuk bertanggung jawab atas semua biaya pemohon di Taiwan.

7. Passport (if applicable)
Usahakan kalian sudah punya pasport meskipun tidak wajib diunggah.

8. *Autobiography
Buat autobiography sejelas dan semenarik mungkin.

9. *Research Proposal
Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel Cara Mendapatkan Beasiswa di NCU, kita butuh proposal reserach bahkan sebelum wawancara, gunakan panduan pada kerangka proposal yang ada pada artikel tersebut sebagai acuan.

10. *TOEFL or Other Evidence of English Proficiency

11. Evidence of Chinese Proficiency
Ini tidak wajib bagi mahasiswa luar negeri.

12. Related Academic Publications
Menyertakan data publikasi sangat penting dan dianjurkan untuk pendaftar program Ph.D.


TAMBAHAN
Meskipun tidak diunggah dalam sistem, beberapa dokumen ini akan kalian perlukan dalam salah satu persiapan dokumen untuk kuliah di Taiwan yaitu:
• Foto 4.5cm×3.5cm
Ukuran foto ini tidak dipakai di Indonesia, namun pastikan ukurannya tepat karena ukuran foto ini yang akan dipakai di Taiwan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam foto adalah

  • Background berwarna putih
  • Menggunakan baju resmi yang kontras dengan latar
  • Foto diambil 6 bulan terakhir
  • Foto harus jelas dan tidak diambil menggunakan kamera handphone
  • Foto harus dicetak di kertas dengan kualitas bagus
  • Minta pada pihak percetakan agar bagian wajah dan dada terlihat di foto.
  • Foto menggunakan hijab diperbolehkan asalkan semua bagian wajah mulai dahi sampai dagu terlihat jelas.

Kalian bisa menggunakan referensi dari Bureau of Consular Affair (BOCA) Taiwan berikut ini.

Semoga bermanfaat 😊

*) persyaratan yang sangat penting