Ini Loh Gambaran Tempat Tinggal Mahasiswa di Taiwan
DomaiNesia

Ini Loh Gambaran Tempat Tinggal Mahasiswa di Taiwan

Sabtu, 23 Februari 2019


Masih penasaran nggak sih tentang bagaimana lokasi tempat tinggal mahasiswa di Taiwan?
Kira-kira nyaman apa enggak ya? Kalau mau bawa keluarga memungkinkan nggak ya? Bla... bla... bla...
Nah, bagi kalian yang masih penasaran bagaimana tempat tinggal di Taiwan untuk mahasiswa disini kalian wajib baca artikel ini sampai selesai. Jika ada pertanyaan, kalian bisa comment langsung di blog ini atau private message ke Instagram (agar PM kalian terbaca, disarankan untuk follow terlebih dahulu). Kita mulai sharing yuk!

Sebagai mahasiswa, kalian punya dua pilihan untuk tinggal di Taiwan. Pertama kalian bisa tinggal di dalam kampus (in campus) atau di luar kampus (off campus).

1. On Campus

Jika kalian memilih untuk tinggal di campus dormitory (on campus) ada beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu:

KELEBIHAN
  • Biaya lebih murah jika dibandingkan dengan tinggal di luar kampus.
  • Listrik gratis (kecuali international dormitory)
  • Lebih dekat ke area kampus (karena lokasi campus dormitory ada di komplek kampus)
  • Pria dan Wanita tinggal di tempat terpisah 

KEKURANGAN
  • Jika kalian datang dengan keluarga (suami dan istri kuliah bersama-sama di NCU) kalian akan pisah kamar dan pisah gedung (LOL),
  • Tidak bisa menggunakan alat masak di kamar (ada dapur umum dalam satu gedung untuk digunakan bersama)
  • Tidak boleh menggunakan alat elektronik yang bertenaga tinggi (misal: heater, kecuali di international dormitory, karena listrik bayar sendiri)
  • Satu kamar dihuni 4 orang (kecuali international dormitory, hanya 2 orang)
NOTE: International dormitory smempunyai harga sewa yang lebih mahal dibandingkan dengan general dormitory (untuk 4 orang per kamar). Untuk informasi harga sewa dormitori akan diinformasikan oleh NCU saat kalian sudah diterima menjadi mahasiswa. Kira-kira dana yang harus disiapkan jika kalian tinggal di dormitory adalah 50% dari biaya tempat tinggal di luar kampus.

2. Off Campus

Nah, karena saya tidak tinggal di campus dormitory, saya hanya bisa menjelaskan kekurangan dan kelebihan tinggal di dormitory yang informasinya saya dapatkan dari teman-teman yang tinggal di sana. Nah, yang akan saya bahas dengan detail beserta biayanya adalah jika kalian tinggal di luar kampus. Kenapa saya memilih tinggal diluar kampus? Jawabannya adalah sudah pasti, saya disini bersama suami (gak mungkin kan pisah kamar, LOL). Oleh karena itu mau tidak mau harus tinggal di luar kampus.

Gedung kost di Taiwan bisa dibilang seperti kost rasa apartemen. Kenapa bisa dibilang seperti itu? Jika dibandingkan dengan di Indonesia, penampilan tempat kost disini lebih modern. Penampakannya pun mirip apartemen (bisa dibilang juga mirip rumah susun, LOL). Di beberapa gedung sudah terdapat lift, self service laundry, dan semua kamar dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Pada umumnya, gedung kost disini terdiri dari minimal 3 sampai 7 lantai.

Gambar 2. Gambaran Komplek Tempat Tinggal di Luar Kampus
Harga kost disini juga bervariasi, harga sewa per bulan yang paling murah setahu saya adalah NT$ 2.500, atau sekitar Rp 1.250.000 per kamar. Sedangkan yang paling mahal bisa mencapai NT$ 6.000, atau sekitar Rp 3.000.000 per kamar. Untuk ukuran kamar tersebut biasanya bisa diisi dengan 2 orang dewasa. Tempat tinggal dengan harga yang lebih mahal punya beberapa keunggulan yaitu tempat yang lebih nyaman, lebih luas, dan lebih banyak fasilitas. 

Okay, sudah penasaran dengan tempat tinggal yang saya tempati di Taiwan? Baik, kalian bisa lihat penampakan luarnya pada Gambar 2. Kami tinggal di sebuah gedung, lokasinya tidak jauh dari back door NCU. Tepatnya di Lane 232, Zhongyang Road, Taoyuan.  Tempat tinggal yang saya pilih berada di kisaran harga tengah, yaitu NT$ 4.000 atau sekitar Rp 2.000.000 per kamar. Karena kamar tersebut dihuni 2 orang (saya dan suami), maka harga sewa per orang menjadi sekitar Rp 1.000.000 per bulan. Harga tersebut belum termasuk biaya listrik dan gas (jika menggunakan gas). Nah, ingin tau apa saja kelebihan dari tempat tinggal saya?

KELEBIHAN
  • Terdapat lift
  • Ada self service laundry
  • Ukuran kamar yang luas (sekitar 4x6 meter)
  • Ada kamar mandi dalam
  • Pemakaian listrik tidak dibatasi (yang penting mbayar di akhir bulan, LOL)
  • Ada air hangat untuk mandi
  • Ada AC
  • Ada lemari es
  • Perabot lengkap (tempat tidur, kasur, 2 lemari, 2 meja belajar, dan 2 kursi)
  • Jika beruntung ada perabot peninggalan penghuni lama yang ditinggal dikamar, dan bisa kita pakai (dulu saya dapat sapu, keranjang laundry, rak sepatu, dan tempat sampah, Alhamdulillah :D) 
  • Tempat nyaman dan bersih
  • Bisa request double bed atau single bed
  • Dekat dengan kampus (200 meter dari back door NCU, 900 meter dari gedung Departmen of CSIE, jika ke gedung CSIE jalan kaki sekitar 10 menit, jika dengan sepeda hanya 5 menit).
  • Dekat dengan tempat makan (7-Eleven, Family Mart, dan banyak restoran) dan dekat dengan minimarket.
  • Air minum gratis (panas & dingin)
  • Bisa memasak di dalam kamar (dengan syarat tidak menimbulkan asap)

 KEKURANGAN
  • Harga sewa lebih mahal dari dormitory (pastinya!) apalagi pemakaian listrik saat musim dingin bikin pengeluaran membengkak (untuk pemanas ruangan/heater dan mandi air hangat). Namun, harga sewa tempat tersebut masih terjangkau oleh dana beasiswa.


Untuk biaya sewa per bulan ditambah dengan biaya listrik yaitu:
Fall: Kamar NT$ 4.000 + Listrik NT$ 500 = NT$ 4.500 per bulan
Winter: Kamar NT$ 4.000 + Listrik NT$ 2.000 = NT$ 6.000 per bulan
(untuk biaya saat Spring dan Summer kemungkinan hampir sama dengan Fall, detailnya akan saya update saat sudah melewati Spring dan Summer ya.

Saat musim gugur (fall) keperluan listrik yang banyak untuk AC dan memasak. Saat musim dingin (winter) keperluan listrik paling banyak untuk heater, air hangat untuk mandi, dan memasak. For your information, saya menggunakan alat elektronik yang cukup banyak khususnya saat musim dingin seperti heater (1000 watt), oven (1000 watt), panci listrik (500 watt), rice cooker (500 watt), hair dryer (1000 watt), setrika (500 watt), dan pemanas air untuk mandi. Nilai watt untuk peralatan elektronik di Taiwan cukup besar, oleh karena itu usahakan kalian membeli peralatan elektronik dengan watt sekecil mungkin dan wajib digunakan dengan hemat! (Jangan tiru saya, LOL).

(Baca Juga: Mau Kuliah Di National Central University Taiwan? Jangan Abaikan Info Ini!)

Nah, sekian dulu info tempat tinggal mahasiswa di Taiwan, semoga bisa menginspirasi dan memberikan gambaran bagi kalian yang mau kuliah di Taiwan. Ups, mau tau video Room Tour kamar kost di Taiwan? Comment dibawah ya? Jika banyak yang meminta untuk dibuatkan video Room Tour Detail Tempat Tinggal di Taiwan, akan saya buatkan videonya! Jangan lupa comment!