Cara Melatih Anak Berpuasa Dijamin Berhasil

Cara Melatih Anak Berpuasa Dijamin Berhasil

Senin, 12 April 2021

Ilustrasi anak berpuasa


Bulan Puasa sudah tiba, meski masih dalam kondisi pandemi, kita harus tetap bersemangat dan antusias dalam menyambut bulan yang penuh Rahmat ini.

Saya akan membagi beberapa tips cara melatih anak berpuasa,

Sebelumya Anak terbiasa dengan pola makan sehari-hari, dan juga suka ngemil di waktu-waktu tertentu.

Itulah yang menjadi tantangan kalau melatih belajar berpuasa anak akan mengubah kebiasaan mereka.

Seperti yang kita ketahui Ibadah puasa Tak hanya perubahan sikapnya, ibadah puasa juga membutuhkan perubahan kesadaran pada anak. Biasanya anak masih terarah pada pemuasan kesenangan. Namun saat belajar berpuasa, anak belajar menahan diri. Itulah sebabnya melatih anak berpuasa perlu memperhatikan kesiapan fisik maupun psikologis mereka.

Lalu Hal apa yang bapak/ Ibu siapkan untuk mulai melatih anak berpuasa ? Berikur Warga semarang akan beneri 6 Tips Melatih anak berpuasa.

1. Jelaskan Pengertian Puasa

Yang pertama, Anak kita bisa menerima perubahan jika dia siap menghadapi perubahan yang akan di terapkan, sebab itu, Ayah Ibu perlu menjelaskan pengertian puasa dan mengingatkan pada anak dari beberapa hari sebelum bulan puasa dimulai. Gunakanlah kata-kata sederhana pada anak yang baru akan pertama kali belajar berpuasa, seperti tidak makan dan tidak minum setelah sahur sampai waktu berbuka. Serta ceritakanlah kegiatan apa saja yang Ayah Ibu lakukan di rumah saat berpuasa, agar anak dapat membayangkan apa yang akan terjadi. Dan Jangan lupa ekspresikan ibadah puasa dengan positif dan tentu menyenangkan, sehingga anak akan tertarik melakukannya.

BACA SELANJUTNYA: 1 2